Beranda  |  e-Library  |  e-Learning  |  e-Journal  |  Webmail  |   Kontak

BAKTI SOSIAL SEMINAR DAN WORKSHOP KASTRASI

fkh | Friday, 5 July 2019 | 09:31 WIB  - Kegiatan


BAKTI SOSIAL SEMINAR DAN WORKSHOP KASTRASI

Kastrasi adalah tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan fungsi dari alat reproduksi, dengan cara mengangkat organ reproduksi Testis pada hewan jantan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol populasi, mengurangi perilaku agresif, dan mengurangi tindakan Spraying.Walaupun Kastrasi merupakan pembedahan yang sederhana, tetapi tidak bisa dianggap remeh. Karena pembedahan ini membutuhkan prosedur yang tepat.

Bakti sosial yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Minpro Pet Animal FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya,pada tahun ini mengusung tema Kastrasi sebagai materi yangdibahas dalam acara Baksos Seminar dan Workshop Kastrasi.Acara dibagi menjadi dua segmen yaitu seminar dan workshop, sehingga beberapa peserta dapat lebih mendalami ilmu yang disampaikan oleh pemateri,dengan mempraktekan secara langsung materi yang didapat pada workshop yang diselenggarakan pada acara tersebut.

Dalam acara dilaksanakan tanggal 4 Mei 2019 dihadiri oleh sejumlah Mahasiswa danpimpinan ORMAWA Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, serta Drh.Desty Apritya, M.Vet sebagai pemateri dan Drh.Olan Rahayu PAN.,Vet sebagai pembina Minpro Pet Animal.Acara tersebut memang ditargetkan kepada para mahasiswa FKH khususnya semester 6 keatas, agar kelak menjadi bekal pengalaman.

Elvira sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan ini mengatakan “Acara ini sebenarnya setiap tahun ada untuk meneruskan tradisi yang hilang karena terakhir diadakan tahun 2017 supaya di tahun selanjutnya acara bisa berjalan lagi, yang kedua untuk menambah wawasan tentang kastrasi dan yang ketiga agar Minat Profesi WPA lebih aktif lagi untuk membuat kegiatan yang lebih banyak”.

Acara diawali dengan sambutan oleh berbagai pimpinan ORMAWA dan pembina Minat Profesi Pet Animal FKH UWKS, Drh.Olan Rahayu PAN.,Vet. Dilanjutkan dengan pembahasan materi dan prosedur olehDrh.Desty Apritya, M.Vet mengenai Kastrasi pada hewan seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Setelah itu diadakan workshop Kastrasi di Klinik Hewan UWKS. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok yang menangani pembedahan Kastrasi pada kucingterdiri dari 4-5 peserta Dengan bimbingan dan arahan Drh.Desty Apritya, M.Vet dan para mahasiswa koas di klinik tersebut. Sehingga workshop berjalan dengan lancar. (dst/red)