Beranda  |  e-Library  |  e-Learning  |  e-Journal  |  Webmail  |   Kontak

Sejarah



Sejarah Kelahiran Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

Terbentuknya Fakultas Kedokteran Hewan UWKS diawali dengan pendirian fakultas baru yang berorientasi pada bidang peternakan dan kesehatan hewan di lingkungan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, atas usulan  Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 27 Mei 1987. Pada tanggal 31 Juli 1987 diterbitkan Surat Keputusan Yayasan Wijaya Kusuma No. Kep. 004/ WK/VII/87, yang dipakai sebagai dasar pembentukan panitia pendirian fakultas baru tersebut.

Hasil rapat panitia, terbentuklah Fakultas Non Gelar Jurusan Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner di dalam lingkungan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dengan susunan pimpinan Fakultas yang terdiri dari : drh Alfondius Silitonga (Dekan), drh.Hadi Sarosa (Pembantu Dekan I), drh Mulyono Saeran (Pembantu Dekan II) dan drh Sordigdo (Pembantu Dekan III).

Kuliah pertama untuk mahasiswa baru tahun akademik 1987/1988 dimulai pada bulan September 1987 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 40 orang. Seiring dengan berjalanya waktu Fakultas Non Gelar tidak diperkenankan beroperasi oleh Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga Fakultas Non Gelar diubah dan dilebur menjadi Program Studi D-3 Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Fakultas Pertanian pada tahun 1990.

Dalam perkembangannya Program Studi D-3 Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner dikembangkan menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan dibentuklah panitia kecil pada tahun 2007 dengan susunan panitia : Dr. Ir.Miftahul Huda, MM (penasehat), Ir. Dwi Retno Suryaningsih., MP (ketua), drh Agus Sjafarjanto,M.Kes (Wakil Ketua), drh Miarsono Sigit,MP (Bendahara) dengan anggota : Dr. Drh Slamet Riadi., M.Si., drh Roeswandono,MSi dan drh Dyah Widhowati, M.Kes.

Pada tahun 2008 terbentuklah Program Studi S-1 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan surat keputusan Yayasan Wijaya Kusuma Nomor : 1632/D/T/2008, tanggal 13 Mei 2008 dengan Pelaksana Tugas Dekan : Dr. Drh Slamet Riadi MSi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 38 orang.

Kemudian pada tanggal 30 Desember 2009 telah turun Surat Keputusan Yayasan Wijaya Kusuma Surabaya nomor: 599 Tahun 2009 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran Hewan UWKS dan pada hari tersebut pula ditetapkan sebagai hari lahirnya FKH UWKS . Pada saat ini FKH UWKS merupakan salah satu FKH swasta yang ada di Indonesia. Pada tahun 2012 FKH UWKS memperoleh sertifikat akreditasi dari BAN PT dengan nomor SK 001/BAN-PT/Ak/XV/s1/IV/2012. Pada tahun 2012 FKH telah menjadi anggota Asosisasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI).

FKH UWKS terdiri dari 3 program studi yaitu D3 Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, S1 Pendidikan Kedokteran Hewan dan Program Profesi Dokter Hewan.   



File terlampir
angkatan pertama.jpg